Analisa Penentuan Luas Produksi Yang Optimal Dalam Usaha Mencapai Laba Perusahaan Yang Maksimal Pada Pt. On Time Garmindo Di Semarang

Sulistyawan, Hari (2004) Analisa Penentuan Luas Produksi Yang Optimal Dalam Usaha Mencapai Laba Perusahaan Yang Maksimal Pada Pt. On Time Garmindo Di Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Luas produksi sangat penting bagi perusahaan maka direncanakan dan diperhitungkan dengan cermat. Karena tanpa perencanaan yang teliti dapat berakibat jumlah yang diproduksi akan terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga dapat menimbulkan masalah. Jumlah produksi yang terlalu besar berakibat biaya terlalu besar. Jika produksi terlalu kecil, perusahaan tidak dapar memenuhi permintaan yang ada di pasar dan pelanggan dapat pindah ke perusahaan lain yang menjadi pesaing perusahaan. Masalah luas produksi akan timbul apabila didalam suatu perusahaan mengelola lebih dari satu macam produk dan berbeda antara satu dnegan yang lain, maka perlu dipertimbangkan berapa biaya produksi yang dikeluarkan PT. On Time Garmindo bergerak dibidang produksi pakain jadi berupa manshirt, kaos dan jaket. Sebelum melaksanakan kegiatan proses produksi, bagian prduksi harus melakukan perencanaan dalam menentukan jenis dan jumlah produk yang akan diproduksi. Oleh karena itu perencanaan luas produksi yang optimal akan meningkatkan effisien dan efektivitas perusahaan bila memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang terbatas milik perusahaan agar tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan laba yang maksimal dapat tercapai. Dengan tidak teraturnya laus produksi maka perusahaan akan menghasilkan laba yang kecil, break event point bahkan rugi. Pada saat perusahaan sudah mulai menggunakan teknologi maju dengan memanfaatkan peralatan canggih seperti komputer, maka tenaga kerja menjadi sangat kurang peranannya dalam membentuk produksi, sehingga perhitungan luas produksi ini memberikan cara pembebanan biaya tidak langsung produksi berdasarkan aktivitas produksi yang membuat produk bertambah nilainya. Cara pembebanan biaya ini dapat dilakukan dengan sistem Linier Programming. Linier Programming merupakan suatu metode yang umum dipergunakan untuk memecahkan suatu masalah mengenai pengelolaan sumber-sumber yang ada. Seperti halnya pada perusahaan PT. On Time Garmindo Semarang yang /pembatas seperti : produk , bahan baku, kapasitas mesin, penjualan, harga jual, pemakaian listrik, pemeliharaan alat dan mesin. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah luas produksi yang ditentukan perusahaan sudah optimal sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal. Tujuan dari penilitian ini adalaha mengetahui cara perusahaan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada menentukan luas produksi dalam mencapai laba yang maksimal. Ternyata dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan contribusi margin yang diperoleh dalam Linier Programming pada metode simplex lebih besar daripada hasil perhitungan contribusi margin yang diperoleh dari produk riil pada tahun 2003. Sehingga terbukti bahwa hipotesa yang menyatakan bahwa luas produksi yang ditentukan belum optimal sehingga laba yang diperoleh PT. On Time Garmindo belum maksimal, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perencanaan luas produksi, linier programming
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2014 08:13
Last Modified: 25 Feb 2014 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item