Pengaruh Tingkat Absensi Dan Keterlambatan Jam Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Meubel Sumber Abadi Di Langenharjo Grogol, Sukoharjo

Prasetyo, Budi (2005) Pengaruh Tingkat Absensi Dan Keterlambatan Jam Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Perusahaan Meubel Sumber Abadi Di Langenharjo Grogol, Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab I)
Cover_dan_Bab_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar serta dapat mencapai tujuannya, apabila mempunyai karyawan yang memiliki prestasi kerja (Performance Appraisal) yang baik. Namun untuk mencapai semua itu masih ada kendala kepegawaian diantaranya, tingginya tingkat absensi dan tingginya tingkat keterlambatan jam kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat absensi dan keterlambatan jam kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada perusahaan meubel sumber abadi di Langenharjo Grogol, Sukoharjo. Untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut, penulis menggunakan analisa regresi linier berganda, koefisien determinan, tes hipotesa dengan uji F dan uji t sebagai alat ukurnya. Dan dalam hal ini tingkat absensi dan keterlambatan jam kerja merupakan variabel bebas serta prestasi kerja karyawan sebagai variabel terikat. Dari hasil analisa yang dilakukan, untuk analisa rebresi linier berganda terbukti bahwa kedua variabel bebas (independent) berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi kerja karyawan. Hal ini dapat dilihat pada koefisien determinasi sebesar 0,950 yang membuktikan besarnya pengaruh absensi dan keterlambatan jam kerja sebesar 95% dan sisanya 5% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti. Dari uji F diperoleh Freg sebesar 102.279 dan Ftabel 3.440 berarti Freg > Fhitung atau 102.279 > 3.440. Hal ini berarti secara bersamasama variabel bebas (independent) berpengaruh terhadap variabel terikat (dependent). Dari uji t, untuk variabel tingkat absensi (X1) diperoleh t-hitung sebesar 6.896 dan t-tabel 2.069. Hal ini berarti t-hitung > t-tabel dan t-hitung berada didaerah penolakan yang dapat dikatakan bahwa tingkat absensi berpengaruh secara significant terhadap prestasi kerja karyawan. Untuk variabel keterlambatan jam kerja (X2) diperoleh t-hitung sebesar -1.185 dan t-tabel 2.069. Hal ini berarti t-hitung < t-tabel dan t-hitung berada di daerah penerimaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa keterlambatan jam kerja secara individu tidak berpengaruh secara significant terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan, agar lebih meningkatkan efektifitas kerja karyawan Sehingga prestasi kerja dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Absensi, Keterlambatan Jam Kerja, Prestasi Kerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2014 08:40
Last Modified: 24 Feb 2014 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27849

Actions (login required)

View Item View Item