Analisis Peranan Scheduling Dalam Perencanaan Dan Pengawasan Proses Produksi Pada Perusahaan Batik Brotoseno Masaran Sragen

Sunardi, Sunardi (2003) Analisis Peranan Scheduling Dalam Perencanaan Dan Pengawasan Proses Produksi Pada Perusahaan Batik Brotoseno Masaran Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi dan untuk membuat analisis jaringan kerja, mencari kurun waktu kegiatan, mencari jalur kritis serta untuk menganalisis waktu penyelesaian yang paling tepat dan biaya yang paling efisien pada perusahaan batik Brotoseno di Masaran Sragen. Hipotesis yang diajukan adalah diduga dengan menggunakan analisis scheduling dalam perencanaan dan pengawasan proses produksi dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat mempercepat waktu penyelesaian suatu kegiatan. Dari analisis tersebut diperoleh hasil bahwa waktu sesungguhnya yang diperlukan untuk memproduksi 100 potong kain batik untuk hem adalah 38 hari dengan total biaya sebesar Rp.3.217.500,00. Setelah menggunakan jalur kritis waktu normal yang digunakan adalah 34 hari dengan biaya sebesar Rp.2.542.500,00. Perusahaan melakukan percepatan selama 5 hari sehingga waktu setelah percepatan menjadi 29 hari dengan total biaya sebesar Rp. 2.942.500,00. dari perbandingan antara data sesungguhnya dengan analisis scheduling terdapat selisih biaya sebesar Rp.675.000,00. dan selisih waktu 4 hari sehingga hipotesis yang diajukan bahwa proses produksi pada perusahaan batik Brotoseno di Masaran Sragen telah efisien terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses produksi,jaringan kerja,perencanaan kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2014 07:53
Last Modified: 24 Feb 2014 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27844

Actions (login required)

View Item View Item