Potensi Antibakteri Kombinasi Streptomisin Dan Amoksisilin Dengan Minyak Atsiri Kemangi (Ocimum Basilicum L.) Terhadap Salmonella Thypi

Najibah, Zia and , Ika Trisharyanti DK, M.Farm., Apt. (2014) Potensi Antibakteri Kombinasi Streptomisin Dan Amoksisilin Dengan Minyak Atsiri Kemangi (Ocimum Basilicum L.) Terhadap Salmonella Thypi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COFER-INTISARI.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Minyak atsiri kemangi memiliki aktivitas antibakteri terhadap Salmonella thypi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antibakteri kombinasi streptomisin atau amoksisilin dengan minyak atsiri kemangi terhadap bakteri Salmonella thypi. Dipilihnya Salmonella typhi sebagai bakteri uji karena bakteri ini dapat menyebabkan demam tifoid yang angka kejadiannya cukup tinggi di Indonesia. Minyak atsiri kemangi diperoleh dengan cara mendestilasi herba segar kemangi dengan destilasi uap-air. Dilakukan uji tetapan fisik minyak atsiri dengan dua pengujian, yaitu indeks bias dan berat jenis. Uji aktivitas antibakteri menggunakan metode disk difusi, dengan cara menjejerkan disk antibiotik dengan disk minyak atsiri kemangi murni dengan jarak 24,5 mm (kombinasi minyak atsiri dengan streptomisin) dan 35,5 mm (kombinasi minyak atsiri dengan amoksisilin). Parameter yang digunakan adalah mengetahui nilai diameter zona hambat pada uji aktivitas antibakteri. Minyak atsiri yang diperoleh dari 1 kg tangkai dan daun kemangi segar sebanyak 1,041 mL (rendemen 0,0967 % b/b). Indeks bias minyak atsiri 1,488 dan berat jenis 0,9292 g/mL. Efek antibakteri kombinasi amoksisilin dengan minyak kemangi terhadap Salmonella thypi bersifat indifferent dengan zona hambat 24,25 mm, sama dengan efek antibakteri yang dihasilkan oleh kombinasi streptomisin dengan minyak kemangi terhadap Salmonella thypi, yaitu bersifat indifferent dengan zona hambat 12,75 mm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Ocimum basilicum L, Salmonella thypi, Amoksisilin, Streptomisin
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 06:58
Last Modified: 15 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item