Tingkat Pengetahuan Akseptor Keluarga Berencana Tentang Kontrasepsi Oral Di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta

Indreswari, Pramesthi Tiksna and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2014) Tingkat Pengetahuan Akseptor Keluarga Berencana Tentang Kontrasepsi Oral Di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)

Abstract

Penggunaan kontrasepsi oral banyak dipilih karena diaggap paling efektif dan harus digunakan secara rutin. Hal ini tidak menutup kemungkinan pengguna kontrasepsi oral akan lalai karena kurangnya pengetahuan. Pengetahuan akseptor tentang kontrasepsi menjadi tolok ukur keberhasilan akseptor dalam hal pengaturan kehamilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan akseptor KB oral tentang kontrasepsi oral di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui tingkat pengetahuan akseptor KB oral tentang kontrasepsi oral di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Alat yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 30 akseptor KB oral. Data untuk menggambarkan tingkat pengetahuan disajikan dalam bentuk persentase (%) dengan kategorisasi (sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang). Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Squere. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan akseptor KB oral tentang kontrasepsi oral di Kelurahan Baluwarti Surakarta dengan kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik 26,7%, kategori cukup 13,3%, kategori kurang 33,3% dan kategori sangat kurang 6,7%. Dari hasil tersebut menunjukkan tingkat pengetahuan akseptor kontrasepsi oral tentang kontrasepsi oral di Kelurahan Baluwarti mayoritas termasuk kategori kurang. Dari uji Chi-Squere pada tiap variabel, didapatkan hubungan yang signifikan antara karakteristik dengan tingkat pengetahuan sebesar (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Kontrasepsi Oral, Kuesioner, Akseptor Kontrasepsi Oral
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 06:48
Last Modified: 15 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27834

Actions (login required)

View Item View Item