Pengaruh Penggunaan Kontrasepsi Suntik Terhadap Peningkatan Berat Badan Dan Kenaikan Tekanan Darah Pada Akseptor Keluarga Berencana Di Puskesmas Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen

Pinasti, Anisa Putri and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2013) Pengaruh Penggunaan Kontrasepsi Suntik Terhadap Peningkatan Berat Badan Dan Kenaikan Tekanan Darah Pada Akseptor Keluarga Berencana Di Puskesmas Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover-intisari.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Sebagian besar peserta KB menggunakan kontrasepsi jangka pendek. Berdasarkan data Dinkes Jateng 2011 proporsi pemakai kontrasepsi suntikan cukup besar yaitu 54,2%, dikarenakan akses untuk memperoleh pelayanan suntikan relatif lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan kontrasepsi suntik terhadap peningkatan berat badan dan kenaikan tekanan darah pada akseptor keluarga berencana di Puskesmas Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan ciri-ciri yang telah ditentukan dalam kriteria inklusi diantaranya Akseptor kontrasepsi suntik telah menggunakan kontrasepsi suntik minimal 5 tahun, tersedia data yang lengkap berupa catatan berat badan dan tekanan darah sebelum sampai dengan akhir penggunaan kontrasepsi suntik, tidak mempunyai riwayat hipertensi sebelumnya, tidak menggunakan obat pelangsing, dan tidak olahragawan, sebagai sampel sebanyak 41 akseptor KB suntik. Analisis yang dilakukan adalah melakukan uji dengan Chi-square. Analisis Chi-Square menunjukkan nilai 2hitung > 2tabel yaitu 19,018 > 5,991 dengan signifikansi p<0,05 dan nilai 2hitung > 2tabel yaitu 11,574 > 5,991 dengan signifikansi p<0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan kontrasepsi suntik terhadap kenaikan berat badan dan tekanan darah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi suntik, data rekam medis, analisis Chi-square, akseptor kontrasepsi suntik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 05:55
Last Modified: 21 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27830

Actions (login required)

View Item View Item