Pengaruh Minyak Atsiri Kemangi (Ocimum Basilicum L.) Pada Aktivitas Eritromisin Dan Trimetoprim-Sulfametoksazol Terhadap Salmonella Thypi Secara In Vitro

Pramono, Joko and , Ika Trisharyanti DK, M.Farm., Apt. and , Rima Munawaroh, M.Sc., Apt (2014) Pengaruh Minyak Atsiri Kemangi (Ocimum Basilicum L.) Pada Aktivitas Eritromisin Dan Trimetoprim-Sulfametoksazol Terhadap Salmonella Thypi Secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (319kB)

Abstract

Demam typhoid merupakan masalah kesehatan di negara berkembang seperti Indonesia. Adanya kombinasi antibiotik dan zat aktif tanaman merupakan konsep baru dalam pengobatan dan dapat menghasilkan efek yang menguntungkan (sinergis atau additif) atau merugikan (antagonis). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek penambahan minyak kemangi pada aktivitas antibakteri eritromisin atau trimetoprim-sulfametoksazol terhadap Salmonella thypi. Batang dan daun kemangi didestilasi dengan menggunakan metode uap dan air. Dilakukan uji sifat fisik terhadap minyak kemangi yaitu uji indeks bias dan berat jenis. Uji aktivitas antibakteri kombinasi minyak kemangi dan antibiotik dilakukan dengan metode disk difusi. Disk berisi minyak kemangi dan disk antibiotik (eritromisin dan trimetoprim-sulfametoksazol) diletakkan pada media yang sudah ditanami bakteri secara sejajar. Jarak antara disk minyak kemangi dan antibiotik adalah penjumlahan dari zona hambat minyak kemangi dari uji pendahuluan dan zona hambat antibiotik dari uji sensitifitas. Hasil dinyatakan sinergis jika terjadi pertemuan atau peningkatan dari dua zona hambat, additif jika zona hambat tidak mengalami penurunan, dan antagonis jika zona hambat menjadi lebih kecil. Uji sifat fisik untuk indeks bias diperoleh 1,488 nD dan berat jenis 0,9292 g/mL. Hasil uji kombinasi menunjukkan efek yang additif pada kombinasi minyak kemangi dengan eritromisin sedangkan kombinasi minyak kemangi dengan trimetoprim-sulfametoksazol menghasilkan efek yang antagonis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Ocimum basilicum L., Salmonella thypi, Eritromisin, Trimetoprim-Sulfametoksazol
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2014 09:54
Last Modified: 20 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27819

Actions (login required)

View Item View Item