Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Dan Fraksifraksinya Terhadap Escherichia Coli Dan Pseudomonas Aeruginosa Serta Profil KLTnya

Saputri, Irma Eka and , Rima Munawaroh, M.Sc., Apt (2014) Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Dan Fraksifraksinya Terhadap Escherichia Coli Dan Pseudomonas Aeruginosa Serta Profil KLTnya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (237kB)

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis Guineensis Jacq) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit termasuk infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun kelapa sawit dan fraksi-fraksinya terhadap Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa serta profil KLT kandungan senyawa dalam ekstrak dan fraksi. Daun kelapa sawit diekstraksi dengan etanol 96% dengan cara maserasi kemudian dilakukan fraksinasi cair-cair. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode disk difusi menggunakan tiga konsentrasi yang berbeda. Uji KLT untuk menentukan kandungan kimia dilakukan dengan menggunakan fase diam silika gel dan fase gerak yang berbeda untuk ekstrak dan fraksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol dan fraksi-fraksinya kecuali fraksi n-heksan. Ekstrak etanol memiliki aktivitas antibakteri pada konsentrasi 1,95 mg/disk sebesar 6,5±0,5 mm (E.coli) dan 6,43±0,40 mm (P.aeruginosa), sedangkan pada fraksi etanol-air hanya konsentrasi 3 mg/disk yang memiliki aktivitas dengan zona hambat sebesar 6,17±0,29 mm (E.coli) dan 6,89±0,29 mm (P.aeruginosa). Fraksi yang memiliki aktivitas antibakteri tertinggi terhadap E.coli dan P.aeruginosa adalah fraksi etil asetat karena dengan konsentrasi 1,5 mg/disk menghasilkan diameter zona hambat sebesar 7,17±0,29 mm (E.coli) dan 7,66±0,29 mm (P.aeruginosa). Hasil KLT menunjukkan adanya senyawa flavonoid, saponin steroid, saponin triterpenoid, tanin, dan alkaloid dalam ekstrak dan fraksi daun kelapa sawit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Elaeis guineensis Jacq, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2014 09:43
Last Modified: 20 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item