Perbedaan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan Sistem Pembiayaan Jamkesmas Dan Sistem Pembiayaan Langsung Di Instalasi Farmasi Rsud Dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri

Primata, Nilla Articha and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2014) Perbedaan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan Sistem Pembiayaan Jamkesmas Dan Sistem Pembiayaan Langsung Di Instalasi Farmasi Rsud Dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (479kB)

Abstract

Kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan semua warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk masyarakat miskin, sehingga pemerintah saat ini menyelenggarakan jaminan kesehatan agar penduduk miskin mendapatkan akses kesehatan yang sama dengan penduduk yang ekonomi cukup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan kefarmasian antara sistem pembiayaan jamkesmas dan sistem pembiayaan langsung pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, alat yang digunakan untuk penelitian adalah kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 266 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 133 pasien sistem pembiayaan Jamkesmas dan 133 pasien dengan sistem pembiayaan langsung. Variabel independen adalah sistem pembiayaan jamkesmas dan sistem pembiayaan langsung, variabel dependent adalah kualitas pelayanan data yang diperoleh kemudian di uji dengan uji statistik uji t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara kualitas pelayanan kefarmasian sistem pembiayaan jamkesmas dengan sistem pembiayaan langsung. Sistem pembiayaan jamkesmas memperoleh rata–rata 49,9 dan sistem pembiayaan langsung memperoleh rata-rata 57,7, ditunjukkan dengan nilai sign. 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan kefarmasian, sistem pembiayaan jamkesmas, sistem pembiayaan langsung.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2014 09:07
Last Modified: 20 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item