Pengaruh Upah Insentif Dan Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Rokok Notodjojo Mulyo Di Kudus

Hayati, Mardhiyah (2003) Pengaruh Upah Insentif Dan Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Rokok Notodjojo Mulyo Di Kudus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAb IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju dan kompetitif di era globalisasi ini menuntut peningkatan SDM yang dibutuhkan dalam pembangunan. Pembangunan SDM diarahkan pada harkat, martabat, dan kemampuan kerja manusia serta kepercayaan pada diri sendiri, terutama dalam peningkatan kualitas tenaga kerja yang cukup potensial. Dalam hal ini upah insentif dan jaminan sosial juga ikut berperan, karena kedua faktor tersebut merupakan faktor yang penting yang dapat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja. Melalui upah insentif yang tinggi dan dengan jaminan sosial yang tercermin dari rasa tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan maka akan menciptakan suatu keinginan untuk bekerja lebih giat dan memberikan yang terbaik untuk pekerjaannya sehingga tujuan perusahaan akan mudah tercapai. Penelitian ini mengambil obyek pada perusahaan rokok Notodjojo Mulyo di Kudus. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh upah insentif dan jaminan sosial terhadap produktivitas kerja karyawan serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada perusahaan rokok Notodjojo Mulyo di Kudus. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh konstanta sebesar 131,598, koefisien regresi untuk upah insentif (X1) sebesar 0,000003881 dan koefisien regresi untuk jaminan sosial (X2) sebesar 0,000003210, sehingga dapat disimpulkan bahwa upah insentif merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk variabel upah insentif (3,375) > ttabel (1,960) maka Ho ditolak berarti upah insentif berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Sedangkan untuk variabel jaminan sosial diperoleh thitung (0,235) < ttabel (1,960) maka Ho diterima berarti jaminan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Dari hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (5,714) > Ftabel (4,17) berarti upah insentif dan jaminan sosial secara serentak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial besarnya koefisien korelasi untuk variabel upah insentif adalah 0,506 sedangkan rtabel adalah 0,329 artinya upah insentif mempunyai hubungan yang kuat dengan produktivitas kerja karyawan.Untuk variabel jaminan sosial besarnya koefisien korelasi adalah 0,029 dan rtabel sebesar 0,329,ini berarti jaminan sosial tidak mempunyai hubungan yang kuat dengan produktivitas kerja karyawan. Dari hasil penelitian diatas,dapat diketahui bahwa upah insentif mempunyai pengaruh yang signifikan dan merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada perusahaan rokok Notodjojo Mulyo di Kudus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upah Insentif,Jaminan Sosial ,Produktivitas Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 19 Feb 2014 11:38
Last Modified: 19 Feb 2014 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27792

Actions (login required)

View Item View Item