Pemakaian Majas Dalam Rubrik Gagasan Pada Surat Kabar Solopos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sragen

Widiyanto, Joko (2013) Pemakaian Majas Dalam Rubrik Gagasan Pada Surat Kabar Solopos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (953kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan 1) Jenis majas yang terdapat dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. 2) Relevansinya dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Serta 3) Implementasinya dalam pembelajaran majas di SMP Negeri 3 Sragen. Objek penelitian dalam Tesis ini adalah majas dalam rubrik gagasan pada suratkabar Solopos. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Teknik catat digunakan untuk mencatat jenis majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan menggunakan teknik pilih unsur penentu (PUP). Ada tiga hal sebagai hasil penelitian ini 1) Majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos terdapat sembilan jenis majas antara lain sebagai berikut: repetisi, persamaan atau simile, hiperbol, metafora, personifikasi, ironi, sarkasme, dan sinestesia. Majas yang paling dominan dipakai dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos adalah majas personifikasi. Tujuan pemakaian majas personifikasi dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos adalah membandingkan benda-benda tidak bernyawa atau mati seolah-olah mempunyai sifat seperti makhluk hidup atau manusia. 2) Hasil analisis tersebut relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. 3) Implementasi dari hasil analisis majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, ditunjukkan adanya peningkatan prestasi siswa yang semula rata-rata 62 meningkat menjadi 76.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Majas, standar kompetensi dan kompetensi dasar, pembelajaran.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 11:01
Last Modified: 20 Feb 2014 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27787

Actions (login required)

View Item View Item