Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Strategi Paikem Pada Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pucakwangi Kabupaten Pati

Hadi, Nur and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Strategi Paikem Pada Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pucakwangi Kabupaten Pati. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Pucakwangi Pati tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan Strategi Paikem. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks berita.Penelitian Tidakan Kelas ini menggunakan sampel peneltian di kelas VIII B SMP N 1 Pucakwangi Pati tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode tes dan nontes (pengamatan,wawancara dan angket).Metode tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar menulis teks berita.Metode nontes digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran dengan strategi Paikem..Teknik Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi data dan trianggulasi metode pengumpulan data.Teknik anilisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistic deskriptif yaitu teknik rerata(mean) dan persentase.Hasil penelitian Tindakan Kelas ini adalah ada peningkatan kemampuan mnulis teks berita dengan diterapkannya strategi Paikem pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Pucakwangi Pati. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ratarata dari siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai peningkatan siklus I 13.05, pada siklus II 18.97 dan pada siklus III 23.23..Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami kenaikan dari siklus I, berjumlah 30.77%, siklus II 50% dan siklus III juga terdapat peningkatan jumlah ketuntasan belajar 80.77%. Nilai rata-rata pada siklus III 75.53.Jadi ada peningkatan kompetensi belajar siswa pada keterampilan menulis teks berita setelah diterapkannya Strategi Paikem.Nilai rata-rata tersebut sudah memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM) individu maupun klasikal yang ditetapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keterampilan menulis, strategi paikem, motivasi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 09:59
Last Modified: 23 Oct 2021 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item View Item