Pengembangan Pembelajaran Uji Diri Meroda Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Miri

Harini, Wulan and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengembangan Pembelajaran Uji Diri Meroda Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Miri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsikan Pembelajaran uji diri meroda yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Miri Tahun Pelajaran 2013 / 2014. (2) Mendiskripsikan Pengembangan pembelajaran uji diri meroda yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Miri Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang dimulai dari studi pendahuluan /awal pembelajaran uji diri meroda danstudi pengembangan uji diri meroda dengan pendekatan bermain lompat tali karet yang meliputi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Subyek yang digunakan adalah siswa kelasVIII SMP Negeri 2 Miri tahun pelajaran2013 / 2014. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Dengan pendekatan bermain lompat tali karet pada pembelajaran uji diri meroda terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran dilihat dari keaktifan, kedisiplinan dan kerjasama serta tanggung jawab pesrta didik (2) Kualitas hasil pembelajaran juga mengalami peningkatan, pada katagori sangat baik naik 12, 64 %, pada katagori baik naik 26,44 %, dan pada katagori cukup naik 35,63 %, sedangkan pada katagori kurang mengalami penurunan 74,71 %. (3) Dengan adanya peningkatan pada kualitas proses dan hasil pembelajaran maka pendekatan bermain lompat tali karet sangat efektif dan efisien digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran uji diri meroda.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Uji Diri meroda, Permainan Lompat Tali Karet.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 07:31
Last Modified: 28 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item