Peran Kepala Sekolah SD-SMP Negeri Satu Atap Dalam Pelayanan Wajar 9 Tahun Bagi Masyarakat Lingkungan Hutan Di Gunungtumpeng, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan

Lisjiono, Lisjiono and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Peran Kepala Sekolah SD-SMP Negeri Satu Atap Dalam Pelayanan Wajar 9 Tahun Bagi Masyarakat Lingkungan Hutan Di Gunungtumpeng, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

kepala SD-SMP Satu Atap Gunungtumpeng dalam pelaksanaan kompetensi sosialnya; (2) peran kepala SD-SMP Satu Atap Gunungtumpeng sebagai inovator dalam upaya menarik minat anak lulusan SD; dan (3) peran kepala SD-SMP Satu Atap Gunungtumpeng sebagai wirausahawan dalam upaya memasarkan program sekolah sehingga menumbuhkan minat orang tua anak usia wajib belajar agar mau menyekolahkan anaknya di SMP Satu Atap Gunungtumpeng di lingkungan hutan Gunungtumpeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik, sedangkan desain penelitian ini adalah penelitian etnografi. Penelitian dilaksanakan di SD-SMP Negeri Satu Atap Gunungtumpeng, Karangrayung, Grobogan. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SD-SMPN Satu Atap Gunungtumpeng dan masyarakat lingkungan hutan Desa Gunungtumpeng. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Kesimpulan: (1) Kepala SD-SMP Satu Atap Gunungtumpeng dalam pelaksanaan kompetensi sosialnya mempunyai peran yang sangat baik. Hal ini dapat ditinjau dari terjalinnya hubungan sosial yang baik antara kepala sekolah dengan guru, siswa, maupun masyarakat dan lingkungan; memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi yang efektif; mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; serta melakukan evaluasi dan mengembangkan kompetensi sosial sesuai dengan kondisi sosial lingkungan sekolah; (2) peran kepala sekolah sebagai inovator adalah memiliki gagasan pembaharuan di sekolah melalui drumband, penyediaan alat-alat musik, dan keterampilan menjahit; mampu menggerakkan seluruh komponen sekolah melalui pembaharuanpembaharuan yang dibuatnya; dan (3) peran kepala sekolah sebagai wirausahawan antara lain, kepala sekolah memiliki wawasan yang luas, mempunyai komitmen yang kuat terhadap kemandirian sekolah, mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan sekolah, mampu melakukan pendekatan kepada orang tua melalui sosialisasi, menyusun skala prioritas dalam penggunaan keuangan sekolah untuk sosialisasi sekolah, melakukan pendekatan personal kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk membantu memahamkan pentingnya pendidikan kepada masyarakat, serta bersikap pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang ada pada sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah, kompetensi sosial, innovator, entrepreunership
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 07:18
Last Modified: 28 Oct 2021 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item