Hukum Dan Koperasi Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Tentang aspek‐aspek kelembagaan dalam pengelolaan Koperasi Al‐khautsar Di Kabupaten Ngawi)

Darsono, Darsono and , Prof. Dr. Harun, S.H., M.Hum (2013) Hukum Dan Koperasi Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi Tentang aspek‐aspek kelembagaan dalam pengelolaan Koperasi Al‐khautsar Di Kabupaten Ngawi). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (903kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Hal_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Di Indonesia hegemonisasi dari berbagai lembaga dan pranata yang berasal dari hukum barat mendapat tandingan dengan munculnya suatu gerakan yang mengkristal dan menyempal di dalam sebuah lembaga, yaitu koperasi berdasarkan prinsip syariah, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Baitul Maal wat‐Tamwil. Dengan munculnya koperasi berdasarkan prinsip syariah sebagai sebuah gerakan yang menyempal ini kontra hegemoni, maka perlulah dikaji tentang: polapola hubungan hukum yang terjadi antara Koperasi Al‐Khautsar dengan para anggotanya, terutama di dalam pengelolaan aspek kelembagaannya. Penelitian yang mendasarkan pada pendekatan doktrinal ini memiliki tujuan untuk: mendeskripsikan pola‐pola hubungan hukum yang terjadi antara Koperasi Al‐ Khautsar dengan para anggotanya, terutama di dalam pengelolaan aspek kelembagaannya. Norma‐norma yang digunakan mengatur aspek kelembagaan di Koperasi Al‐Khautsar memperlihatkan adanya percampuran antara norma‐norma yang terdapat dalam hukum Islam dan Fatwa MUI, norma‐norma (dalam hukum positif) yang mengatur tentang lembaga kuangan bank, lembaga pembiayaan, persekutuan dan koperasi, dengan anasir dari hukum Islam yang lebih menonjol.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Koperasi Al‐Khautsar, norma hukum positif, Hukum Islam kelembagaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 05:45
Last Modified: 21 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27760

Actions (login required)

View Item View Item