Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Batik Sinun Rejeki Di Surakarta

WAHYUDI, AGUS (2004) Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Batik Sinun Rejeki Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_depan.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan, promosi penjualan dan personal selling yang dikeluarkan oleh PT Batik Sinun Rejeki Surakarta, terhadap peningkatan volume penjualan. Hasil analisa data menunjukkan persamaan regresi berganda sebagai berikut : Y = 72759415 + 1,469 X1 + 13,691 X2 + 2,332 X3. Hal ini berarti jika biaya periklanan, biaya promosi penjualan dan biaya personal selling sama dengan 0 (nol) maka besarnya penjualan adalah Rp. 72.759.415. Apabila biaya promosi penjualan (X2) dan biaya personal selling (X3) tetap, maka dengan adanya kenaikan biaya periklanan (X1) sebesar Rp. 1, akan menaikkan volume penjualan sebesar Rp.1,469. Apabila biaya periklanan (X1) dan biaya personal selling (X3) tetap, maka dengan adanya kenaikan biaya promosi penjualan (X2) sebesar Rp. 1, akan menaikkan volume penjualan sebesar Rp. 13,691. Apabila biaya periklanan (X1) dan biaya promosi penjualan (X2) tetap, maka dengan adanya kenaikan biaya personal selling (X3) sebesar Rp. 1, akan menaikkan volume penjualan sebesar Rp. 2,332. Setelah di uji menggunakan uji t maka diketahui untuk variabel periklanan nilai t hitung = 2,506 > t tabel = 2,262 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara periklanan (X1), terhadap volume penjualan, untuk variabel promosi penjualan nilai t hitung = 6,690 > t tabel = 2,262 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara promosi penjualan (X2), terhadap volume penjualan dan untuk variabel personal selling nilai t hitung = 2,471 > t tabel = 2,262 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara personal selling (X3), terhadap volume penjualan.Dari koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,930 artinya bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan dapat mempengaruhi volume penjualan sebesar 93%, sedangkan sisanya 7% dipengaruhi oleh faktor lain selain yang diteliti. Selanjutnya dari hasil uji F, maka diketahui bahwa F hitung = 26,556 > F tabel = 4,76. Berarti antara periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh secara bersama-sama terhadap volume penjualan. Hasil penelitian ini pada akhirnya menunjukkan ternyata promosi penjualan mempunyai pengaruh paling kuat karena memberikan sumbangan yang terbesar karena nilai t hitung paling tinggi 6,690.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:17
Last Modified: 18 Feb 2014 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item View Item