Perbedaan Kejadian Diare Pada Balita Yang Mengkonsumsi Air Sumur Masak Dengan Air Minum Dalam Kemasan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta

Widarini, Anjar and , Prof. Dr. Bambang Soebagyo, dr. Sp.A(K). and , dr. Dodik Nursanto (2014) Perbedaan Kejadian Diare Pada Balita Yang Mengkonsumsi Air Sumur Masak Dengan Air Minum Dalam Kemasan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (223kB)

Abstract

Latar Belakang : Diare masih menjadi urutan pertama penyebab mortalitas pada balita. Kurangnya akses sarana air bersih merupakan salah satu risiko penyebab diare. Sehingga diperlukan pengolahan yang tepat pada sumber air minum tersebut agar terhindar dari kontaminasi mikroorganisme. Air sumur merupakan sumber air terlindung dimana proses sterilisasinya dengan cara dimasak sedangkan air minum dalam kemasan merupakan sumber air minum tidak terlindung yang telah menjalani proses sterilisasi tertentu dan biasanya tidak perlu dimasak kembali. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejadian diare pada balita yang mengkonsumsi air sumur masak dengan air minum dalam kemasan di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasional analitik, dengan menggunakan cross sectional di wilayah kerja puskesmas pucangsawit surakarta Hasil : Dari analisis statistik diperoleh nilai P = 0,263 (p > 0,05) yang artinya tidak terdapat perbedaan kejadian diare pada balita yang mengkonsumsi air sumur masak dengan air minum dalam kemasan pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta dengan nilai RP (ratio prevalence) = 0,667 dengan Interval kepercayaan 95% (0,325-1,368) artinya bahwa air sumur masak dapat menjadi faktor protektif diare pada anak balita Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan kejadian diare pada balita yang mengkonsumsi air sumur masak dengan air minum dalam kemasan pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air sumur masak, Air minum dalam kemasan, Diare pada balita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2014 08:57
Last Modified: 20 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27737

Actions (login required)

View Item View Item