Implementasi Micro Teaching Kaitannya Dengan Keterampilan Mengajar Pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UMS Tahun 2013/2014

Indriy, Dwi Astuti and , Dr. Samina, M. (2013) Implementasi Micro Teaching Kaitannya Dengan Keterampilan Mengajar Pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UMS Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (921kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium micro teaching FKIP UMS, mengetahui kegiatan micro teaching yang dilakukan mahasiswa Program Studi PGSD, dan mengetahui pelaksanaan micro teaching kaitannya dengan keterampilan mengajar mahasiswa dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola laboratorium micro teaching yang diwakilkan oleh petugas administrasi laboratorium micro teaching, dosen mata kuliah micro teaching, guru pamong dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL), dan mahasiswa semester VII FKIP PGSD UMS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif model interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: Pengelolan laboratorium micro teaching sudah baik, peralatan atau fasilitas yang ada juga sudah mendukung kegiatan praktik micro teaching. Dengan adanya peralatan yang sudah mendukung kegiatan praktik micro teaching tersebut, mahasiswa juga dapat melatih keterampilan mengajar yang mereka miliki. Pelaksanaan micro teaching sangat efektif kaitannya dengan keterampilan mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa dan dengan keterampilan yang mereka miliki mahasiswa dapat mengimplementasikannya pada saat kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: micro teaching; PGSD; keterampilan; mengajar; PPL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Feb 2014 13:11
Last Modified: 03 Nov 2021 14:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27720

Actions (login required)

View Item View Item