Peningkatan Kemampuan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Sound Association Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambirembe I Tahun 2013

Puspitasari, Heni (2013) Peningkatan Kemampuan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Sound Association Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambirembe I Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (798kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pronunciation siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pronunciation pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Sambirembe I kecamatan Kalijambe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V SD Negeri Sambirembe I. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sambirembe I kecamatan Kalijambe yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan strategi pembelajaran sound association dapat meningkatkan kemampuan pronunciation siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Sambirembe I. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 61,47 dengan prosentase ketuntasan sebesar 37 %, siklus I nilai rata-rata kelas 68,21 dengan prosentase ketuntasan sebesar 53 %, siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,79 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84 %. Selain itu, kegiatan guru dan siswa yang diamati pada lembar observasi juga mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan pronunciation siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran sound association.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan; pronunciation; sound; association
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Feb 2014 13:02
Last Modified: 17 Feb 2014 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27719

Actions (login required)

View Item View Item