Penerapan Kartu Pintar Dengan Teknik Merangkum Untuk Peningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang 3 Tahun Ajaran 2013/2014

Mia RAHMAWATI, RAHMAWATI and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Kartu Pintar Dengan Teknik Merangkum Untuk Peningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang 3 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran melalui penggunaan metode kartu pintar dengan teknik merangkum pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 3 tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk PTK. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV serta seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Negeri Pajang 3 dan objek dari penelitian ini adalah minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 3. Metode yang digunakan dalm pengumpulan data yaitu metode observasi, dokumentasi, test, dan wawancara. validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis interaktif yang memiliki 4 komponen pokok analisis yaitu pengumpulan data,reduksi data, sajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Indikator ketercapaian meningkat sekurang- kurangnya 75% dari 36 siswa, untuk indikator Rasa ketertarikan siswa dalam mengerjakan soal sebesar 75%, Perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran sebanyak 80,55% , Keterlibatan siswa dalam menjelaskan materi 75%, Perasaan senang siswa saat proses pembelajaran 75%, kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan media kartu pintar dengan teknik merangkum dapat meningkatkan minat belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri Pajang 3.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kartu pintar, teknik merangkum
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Feb 2014 12:25
Last Modified: 19 Oct 2021 02:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item