Studi Komparasi Penerapan Student Teams Achievement Division Dengan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di MI Al Islam Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Damayanti, Ririn (2014) Studi Komparasi Penerapan Student Teams Achievement Division Dengan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di MI Al Islam Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan penerapan antara strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Two Stay Two Stray, 2) Mengetahui manakah yang memiliki pengaruh lebih besar dalam meningkatkan hasil belajar IPA antara strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division dan strategi Two Stay Two Stray. Teknik pengambilan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Tes sebagai instrumen dan dalam menguji instrumen dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Kemudian dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 soal terdapat 19 soal yang valid dengan kriteria rhitung> rtabel, yaitu rhitung > 0,361, dan diperoleh nilai koefisisn reabilitas Rulon sebesar 0,7947. Hasil teknik analisis uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,382, sedangkan ttabel sebesar 2,000 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar IPA antara siswa yang penerapannya menggunakan Student Teams Achievement Division dengan kelas yang penerapannya menggunakan strategi Two Stay Two Stray, yaitu 81,58>69,90. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Student Teams Achievement Division lebih besar pengaruhnya bila dibandingkan dengan menggunakan strategi Two Stay Two Stray.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Student Teams Achievement Division, Two Stay Two Stray.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 11:12
Last Modified: 17 Feb 2014 08:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item View Item