Puspitasari, Widyaningtyas Niken and , Minsih, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_PDF_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_PDF_BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
3_PDF_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
4_PDF_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_PDF_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab V)
6_PDF_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7_PDF_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
8_PDF_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_Fix.pdf Download (760kB) |
Abstract
Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi tahun ajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi yang terdiri dari 24 siswa. Objek penelitian ini yaitu strategi pembelajara Inside Outside Circle (IOC) dan keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA, dengan penerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi tahun ajaran 2013/ 2014. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan 40,62%. Setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,62% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 86,45% pada siklus II. Selain keaktifan siswa meningkat, hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45,83%, setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 66,67% pada siklus I, dan akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 87,50% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, Inside Outside Circle (IOC) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 06:41 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 14:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27697 |
Actions (login required)
View Item |