Pengaruh Strategi Pembelajaran Manurawa Sampok Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD N Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun 2013/ 2014

Nurjanah, Ervina Wahyu (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Manurawa Sampok Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD N Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Skripsi_Ervina_-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (694kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Skripsi_Ervina_-_BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
Skripsi_Ervina_-_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab III)
Skripsi_Ervina_-_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
Skripsi_Ervina_-_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
Skripsi_Ervina_-_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Skripsi_Ervina_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
Skripsi_Ervina_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat belajar aksara Jawa. (2) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada hasil belajar aksara Jawa di kelas IV SD N 2 Sidomulyo dan SD N 3 Sidomulyo, Ampel, Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan subyek siswa kelas IV SD N 2 Sidomulyo sebagai kelas kontrol dengan dan siswa kelas IV SD N 3 Sidomulyo sebagai kelas eksperimen. Perlakuan masing-masing 6 jam pelajaran dengan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol dan strategi pembelajaran Manurawa Sampok untuk kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf sigifikansi 5% diperoleh: t hitung untuk minat dan hasil sebesar - 2,040 dan t tabel -2,011 jadi t hitung < t tabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat dan hasil belajar aksara Jawa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Manurawa Sampok, minat belajar aksara Jawa, hasil belajar aksara Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 06:25
Last Modified: 17 Feb 2014 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27696

Actions (login required)

View Item View Item