Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Media Alphabet Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 2 Butuh Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Yuliana, Yuliana (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Media Alphabet Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 2 Butuh Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (883kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (879kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media alphabet card pada siswa kelas I SD Negeri 2 Butuh Mojosongo Boyolali tahun ajaran 2013 /2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap pertemuan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Butuh Mojosongo Boyolali yang berjumlah 13 siswa dan guru sebagai peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes untuk mengukur kemampuan membaca siswa, dan dokumentasi. Variabel yang menjadi sasaran peneliti adalah kemampuan membaca siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan ada adanya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media alphabet card. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata – rata kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah tindakan yaitu pada saat sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 61 pada siklus I meningkat menjadi 72,77 dan disiklus II menjadi 84, 54. Selain itu siswa yang dapat membaca dengan lancar dan benar meningkat dari 4 siswa atau 30, 77 % di kondisi awal menjadi 8 siswa ( 61, 54 % ) di siklus I dan 11 siswa atau ( 84, 62 % ) disiklus II. Dengan demikian dapat diketahuai bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media alphabet card dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 2 Butuh tahun pelajaran 2013 / 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, media, alphabet card, bahasa indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 06:10
Last Modified: 17 Feb 2014 08:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item