Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SDN Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014)

Primasari, Febriana and , Drs. Mulyadi, M.Pd (2013) Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SDN Tunggulsari 1 No. 72 Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (420kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memahami manfaat perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi siswa, keberadaan perpustakaan dilihat dari kondisi fisik, Sumber Daya Manusia yang berada di lingkungan SD dalam mengelola perpustakaan sekolah, tentang fasilitas buku yang tersedia di perpustakaan, serta mobilitas siswa dalam aktivitas diperpustakaan SDN Tunggulsari 1 No.72 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan strategi studi kasus. Sumber data primer didapat dari informan yaitu siswa, guru, dan petugas perpustakaan, sedangkan sumber data sekunder yaitu profil, dokumen atau arsip tentang perpustakaan sekolah. Teknik cuplikan yang digunakan yaitu teknik purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi langsung, dan pengumpulan dokumen. Untuk meningkatkan keasahan data, menggunakan teknik triangulasi data yaitu trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, kurang dimanfaatkan secara maksimal. Minimnya sarana serta fasilitas yang kurang mendukung sehingga memunculkan ketidak nyamanan siswa dalam mengunjungi perpustakaan. Peran guru masih terbatas, guru hanya sekedar mengarahkan tidak memberikan contoh tindakan yang nyata kepada siswa. Serta pengelolaan perpustakaan sekolah kurang mendapat perhatian dari pihak sekolah. Dengan kurangnya perhatian pihak sekolah terhadap perpustakaan, sehingga perpustakaan sekolah kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan prestasi siswa. Pada akhirnya perpustakaan sekolah menjadi sepi peminatnya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perpustakaaan sekolah, sumber belajar, prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:25
Last Modified: 03 Nov 2021 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27687

Actions (login required)

View Item View Item