Penerapan Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mayahan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014

Mustanto, Destri and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2014) Penerapan Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mayahan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (924kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (900kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar, penerapan pembelajaran model kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran IPA, serta membuktikan bahwa penerapan pembelajaran model kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV SD N 2 Mayahan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus dan dalam 1 siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, dan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan. Hasil Observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Pra Siklus ditemukan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran konvensional terhitung rendah dengan keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan 53%, menunjukkan usaha dan minat mempelajari materi pelajaran yang diberikan 51%, pemahaman siswa terhadap materi 48%, dapat mempertahankan pendapat dan teguh pendirian 49%, tanggung jawab siswa menyelesaikan tugas 52%, perhatian saat KBM 44%, ketenangan sikap selama KBM berlangsung pada pembelajaran IPA 47%. Pada siklus I dan II pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, yaitu keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari 53% menjadi 61,8%(siklus I) dan 81,75% (siklus II), menunjukkan usaha dan minat mempelajari materi pelajaran yang diberikan dari 51% menjadi 61,8% (siklus I) dan 80,75% (siklus II), pemahaman siswa terhadap materi dari 48% menjadi 62,1% (siklus I) dan 82,25% (siklus II), dapat mempertahankan pendapat dan teguh pendirian dari 49% menjadi 63% (siklus I) dan 80,25% (siklus II), tanggung jawab siswa menyelesaikan tugas dari 52% menjadi 65,6% (siklus I) dan 80,75% (siklus II), perhatian saat KBM dari 44%, menjadi 61,9% (siklus I) dan 81,5% (siklus II), ketenangan sikap selama KBM berlangsung pada pembelajaran IPA dari 47% menjadi 60,4% (siklus I) dan 82% (siklus II). Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Bamboo Dancing, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 09:58
Last Modified: 19 Oct 2021 00:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27682

Actions (login required)

View Item View Item