Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta

Wahyuningsih, Tri and , Drs. Dahroni, M.Si (2013) Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir dikarenakan kelurahan ini termasuk kedalam kawasan rawan banjir dengan jumlah populasi sebanyak 2.440 KK peneliti sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan Taro Yamane diperoleh hasil sebanyak 96 responden lalu menentukan sampel KK dengan Probability Random Sampling dan Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta diperoleh nilai thitung sebesar 2,451 dengan probability = 0,016. Oleh karena thitung 2,451 dan probalility < 0,05 sehingga H1 diterima, artinya pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa pengaruh pengetahuan terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta adalah sebesar 7,6%. Sedangkan sikap diperoleh nilai thitung sebesar 2,550 dengan probability = 0,012. Oleh karena thitung2,550 dan probability < 0,05 sehingga H2 diterima, artinya sikap berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa pengaruh sikap terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta adalah sebesar 8,1%. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2)sebesar 0,157. Hal ini berarti bahwa pengetahuan dan sikap memberikan pengaruh sebesar 15,7% terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 10:44
Last Modified: 31 Oct 2021 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item