Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di SMP Islam Bakti 1 Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta

Triyani, Yayuk and , Drs. Dahroni, M.Si (2013) Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di SMP Islam Bakti 1 Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SMP Islam Bakti 1 Surakarta adalah sekolah menengah pertama yang berada di Kecamatan Serengan Kota Surakarta merupakan wilayah rawan banjir. Sekolah ini pernah terkena dampak bencana banjir pada tahun 2007. Sehingga menyebabkan dampak bagi sekolah yaitu dokumen penting dan peralatan sekolah terkena banjir, sehingga menghambat dalam kegiatan belajar mengajar, maka dari itu perlu mengetahui tingkat kesiapsiagaan apabila terjadi banjir kembali. Tujuan untuk penelitian: 1) mengetahui tingkat kesiapsiagaan guru dan siswa dalam menghadapi bencana banjir SMP Islam Bakti 1 Surakarta 2) mengetahui tingkat kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana banjir SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Penelitian ini dilalukan di SMP Islam Bakti 1 Surakarta dengan pengambilan sampel keseluruhan berjumlah siswa 39 orang, guru 17 orang dari populasi 56 orang. Sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling adalah teknik penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian mempertimbangkan pengambilan yaitu kelas VII dan VIII karena pada waktu penelitian kelas IX libur karena pada waktu itu setelah diadakan ujian nasional sehingga tidak diambil sebagai penelitian. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilalukan melalui : kueisoner, studi dokumentasi, wawancara terstuktur dalam bentuk check list. Analisis data yang digunakan adalah penghitungan (Indek kesiapsiagaan). Hasil penelitian dapat disimpulkan indeks kesiapsiagaan guru di SMP Islam Bakti 1 Surakarta tingkat kesiapsiagaan guru indek gabungan perparameter 83,19 termasuk pada kategori sangat siap. Indeks kesiapsiagaan siswa di SMP Islam Bakti 1 Surakarta tingkat kesiapsiagaan gabungan perparameter 76,06 termasuk pada kategori siap. Indeks kesiapsiagaan sekolah di SMP Islam Bakti 1 Surakarta tingkat kesiapsiagaan gabungan sekolah perparameter 55,80 termasuk pada kategori hampir siap. Indek gabungan komunitas sekolah di SMP Islam Bakti 1 Surakarta adalah 62,46 hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesiapsiagaan termasuk pada kategori hampir siap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks kesiapsiagaan, Bencana banjir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 08:26
Last Modified: 31 Oct 2021 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27643

Actions (login required)

View Item View Item