Pemanfaatan Limbah Sayur-Sayuran Untuk Pembuatan Kompos Dengan Penambahan Air Kelapa (Cocos Nucifera) Dan Ampas Teh Sebagai Pengganti Pupuk Kimia Pada Pertumbuhan Tanaman Semangka(Citrullus Vulgaris L )

Syaifudin, Luqman Nur and , Dra. Aminah Asngad, M.Si. (2013) Pemanfaatan Limbah Sayur-Sayuran Untuk Pembuatan Kompos Dengan Penambahan Air Kelapa (Cocos Nucifera) Dan Ampas Teh Sebagai Pengganti Pupuk Kimia Pada Pertumbuhan Tanaman Semangka(Citrullus Vulgaris L ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)

Abstract

Limbah merupakan material sisa yang tidak di inginkan setelah berakhirnya suatu proses atau kegiatan (Wardana, 2007). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pertumbuhan tanaman semangka (Citrulus vulgaris L.) dengan pemberian kompos dari limbah sayur-sayuran dengan penambahan air kelapa (Cocos nucifera) dan ampas teh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan yaitu Faktor 1:Air kelapa ( A ), A0 : Tanpa air kelapa (kontrol),A1 : Air kelapa 50 ml, A2 : Air kelapa 100 ml, A3 : Air kelapa 250 ml. Faktor 2: Ampas teh ( T ), T1 : Ampas teh 2 kg, T2 : Ampas teh 4 kg, T3 : Ampas teh 8 kg, masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap dengan dua factor tiga kali ulangan. Dari data pengamatan dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan di lanjutkan dengan uji membandingkan rata-rata, setiap perlakuan atau Estimated Marginal Means. Hasil penelitian tinggi tanaman minggu pertama sampai minggu keempat F hitung 4,894 > 2,508; jumlah daun minggu pertama sampai minggu keempat F hitung 1,705 < 2,508 maka dapat disimpulkan ada pengaruh pertumbuhan tanaman semangka (Citrullus vulgaris L) dengan pemberian kompos dari limbah sayur-sayuran dengan penambahan air kelapa(Cocos nucifera) dan ampas teh. Perlakuan yang paling efektif pada media A3T3 (air kelapa 250 ml dan ampas teh 8 kg).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Limbah sayur-sayuran, air kelapa, ampas the dan tanaman semangka (Citrullus vulgaris L)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:28
Last Modified: 27 Oct 2021 01:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27639

Actions (login required)

View Item View Item