Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning (Ptk Bagi Siswa Kelas VIIIA Semester Gasal SMP Negeri 3 Sawit Tahun 2013/2014)

Sari, Gresi Putri Mayang and -, Prof. Dr. Sutama, M.Pd. (2014) Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning (Ptk Bagi Siswa Kelas VIIIA Semester Gasal SMP Negeri 3 Sawit Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penalaran dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sawit melalui strategi Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi PBL dapat meningkatkan penalaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sawit. Kedua, peningkatan penalaran belajar matematika yaitu a) siswa yang mampu menyajikan pernyataan matematika dari kondisi awal 28,13% siklus I 46,88% dan siklus II 65,63%, b) siswa yang mampu mengajukan dugaan dari kondisi awal 31,25% siklus I 50% dan siklus II 71,88%, c) siswa yang mampu menyusun bukti dari kondisi awal 15,63% siklus I 34,38% dan siklus II 62,5%, d)siswa yang mampu memberikan alasan kebenaran solusi dari kondisi awal 21,88% siklus I 46,88% dan siklus II 78,13%, dan e) siswa yang mampu menarik kesimpulan dari kondisi awal 31,25% siklus I 50% dan siklus II 68,75%. Ketiga, peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 25% siklus I 46,88% dan siklus II 71,88%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, penalaran belajar, problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 07:23
Last Modified: 19 Oct 2021 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item