Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Diary Pramugari: Seks, Cinta, Dan Kehidupan Karya Agung Webe: Tinjauansosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

YUNITA, Risna and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Diary Pramugari: Seks, Cinta, Dan Kehidupan Karya Agung Webe: Tinjauansosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Diary Pramugari Seks, Cinta, dan Kehidupan karya Agung Webe; (2) mendeskripsikannilai-nilai moral yang ada dalam novel Diary Pramugari Seks, Cinta, dan Kehidupan karya Agung Webe dengan tinjauan sosiologi sastra; (3) mengimplementasikan nilai-nilai moral hasil sebagai bahan ajar di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisis data secaradialektik.Hasil penelitian dari segi struktur yang membangun yaitu (1) Tema yaitu perjuangan seorang pramugari untuk memahami makna kehidupan dari masalah-masalah yang dihadapi disekitarnya; (2) Alur yang digunakan adalah alur maju; (3) Latar menggunakan latar tempat, waktu, dan sosial yaitu di Solo, Yogyakarta, Jakarta, Pakanbaru, Bali, Makasar, Biak, dan Beijing pada sekitar tahun 2001 sedangkan latar sosial masyarakatnya adalah latar sosial masyarakat Jawa dan Bali selain itu latar sosial kehidupan yang tergambar dari tokoh Anya dan Puri yaitu latar sosial kehidupan orang kaya; (4) Penokohan terdiri dari tokoh utama dan antagonis, berdasarkan perwatakannya mengandung tiga aspek, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Hasil analisis nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Diary Pramugari Seks, Cinta, dan Kehidupan karya Agung Webe yaitu nilai moral keagamaan, nilai moral kemanusiaan, dan nilai moral sosial. Hasil dapat diimplementasikan pada siswa di kelas XI semester 1 dengan standar kompetensi: 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan dan kompetensi dasar: 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada novel Diary Pramugari Seks, Cinta, dan Kehidupan karya Agung Webe nilai-nilai yang dapat diteladani oleh peserta didik, yaitu (1) moral kejujuran tokoh, (2) nilai-nilai otentik, (3) moral tanggung jawab, (4) moral keberanian, (5) moral kerendahan hati, (6) moral kemandirian, dan (7) realistic dan kritik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai moral, novel Diary Pramugari Seks, Cinta, dan Kehidupan, Sosiologi sastra
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 05:50
Last Modified: 27 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27594

Actions (login required)

View Item View Item