Pemberdayaan Guru Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri Magersari 3 Magelang Selatan Kota Magelang

Syamsiar, Syamsiar and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Prof. Dr. Endang Fauziati, M. Hum (2013) Pemberdayaan Guru Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri Magersari 3 Magelang Selatan Kota Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
publikasi.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1._HALAMAN_DEPAN_FIX.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1)pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran di SD Negeri Magersari 3 Magelang, (2)pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Magersari 3 Magelang, dan(3)pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran di SD Negeri Magersari 3 Magelang. Metode penelitian kualitatif dengan desain Etnografi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala sekolah SD Magersari 3 di awal tahun ajaran menginstruksikan agar semua guru-gurunya untuk menyusun perangkat pembelajaran baik berupa prota, promes, silabus dan RPP. Untuk mengurangi kesulitan dalam penyusunan silabus dan RPP, maka kepala sekolah: (1) mempersilahkan guru agar belajar melalui sesama teman guru yang lebih kompeten, menginstruksikan guru untuk mempelajari panduan pembuatan silabus paket dari dinas pendidikan yang telah ada. Selain itu kepala sekolah memberikan kesempatan secara bergiliran kepada guru untuk mengikuti workshop, pelatihan maupun penataran tentang persiapan silabus dan penyusunan RPP yang baik. (2) Kepala Sekolah menginstruksikan kepada semua guru agar mampu memilih metode, teknik, prosedur, media serta materi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang akan disajikan. (3) Kepala sekolah menginstruksikan guru agar mempersiapkan secara lengkap instrument penilaian yang bisa mengcover aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Secara Stimultan pemberdayaan guru dalam pembelajaran, kepala sekolah memberikan bimbingan dan pembinaan secara berkala, agar guru dapat melengkapi administrasi perangkat pembelajaran dengan baik dan benar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Empowerment, Planning, Implementation, Evaluation
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2014 06:29
Last Modified: 27 Oct 2021 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item View Item