Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Syifa Budi Solo Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta

Mustagfirin, Mustagfirin and , Dr.Muindinillah Basri, M.A and , Dr.Smino,M.Pd (2013) Implementasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Syifa Budi Solo Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (816kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo. dan dampaknya dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Bentuk penelitian adalah penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus (Case study) atau penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan isi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisa model interaktif. Keabsahan data menggunakan metode Trianggulasi sumber. Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yaitu : konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiri), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi ( reflection), dan penilaian yang sebenarnya (Authentic Assessment). Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-azhar Syifa Solo menerapkan pendekatan CTL yang dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang dilakukan guru. Pembelajaran pendidikan agama Islam yang menerapkan prinsipprinsip CTL di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran, baik dalam kegiatan awal, kegiatan inti maupun kegiatan akhir pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendidikan agama Islam - CTL - mutu proses pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2014 05:47
Last Modified: 25 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27553

Actions (login required)

View Item View Item