Pengelolaan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) (Studi Situs SMP Negeri 5 Wonogiri)

Mursito, Joko and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) (Studi Situs SMP Negeri 5 Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (973kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui secara mendalam proses pengelolaan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 5 Wonogiri, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik. Lokasi penelitian di SMP Negeri 5 Wonogiri. Penelitian dimulai pada akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013, yaitu bulan Maret tahun 2013 sampai dengan bulan Juli 2013. Sumber data penelitian adalah a) nara sumber atau informan, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa di lokasi penelitian, b) peristiwa atau aktivitas, yaitu proses kegiatan yang berkaitan fokus masalah, c) dokumen dan arsip, yaitu catatan tertulis yang berkaitan fokus masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan Trianggulasi Sumber dan Trianggulasi Metode. Hasil penelitian adalah 1) guru mengikuti sosialisasi materi pendidikan karakter, mengikuti bimbingan dan pelatihan, melakukan koordinasi dengan sesama guru pengampu mata pelajaran, menyusun instrumen pembelajaran secara berkelanjutan, mengembangkan materi dan menggunakan fasilitas dan media pembelajaran sesuai dengan materi, 2) Guru menjadi teladan, menerapkan pendidikan karakter di dalam dan di luar kelas sesuai dengan aktifitas di sekolah, mengembangkan melalui kegiatan rutin dan kegiatan insidental, menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler dan terhambat karena pelaksanaan pendidikan karakter bergantung pada materi 3) penilaian dilakukan dengan studi kasus secara individual dan kelompok, mengevaluasi kinerja guru, jajak pendapat, mengevaluasi aktifitas siswa di sekolah dan mengklarifikasi aktifitas siswa di rumah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci ; pengelolaan, pendidikan karakter, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 12:17
Last Modified: 27 Oct 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27540

Actions (login required)

View Item View Item