Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Proses Pembelajaran AlQur'an di Pondok Modern Badii'usy Syamsi Pucanganom Madiun Tahun Pelajaran Z0l2/2013

Masfufah, Ita Fadhilatul and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Proses Pembelajaran AlQur'an di Pondok Modern Badii'usy Syamsi Pucanganom Madiun Tahun Pelajaran Z0l2/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_Dafar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan petunjuk bagi setiap manusia, karena di dalamnya terdapat perintah dan larangan yang harus dipatuhi. Membaca, mengajarkan, dan mengamalkan isi kandungan al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap muslim sehingga diharapkan mampu membentuk generasi-generasi muslim yang berkepribadian Qur’ani. Dalam pembelajaran al-Qur’an dibutuhkan suatu model, strategi, dan metode yang baik. Pondok Modern Badii’usy Syamsi dalam pembelajaran al-Qur’an memiliki ciri khas sendiri dari pondok-pondok lainnya, yaitu dengan pembelajaran tutor sebaya. Maka dengan itu penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang model pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran al-Qur’an di Pondok Modern Badii’usy Syamsi Pucanganom Madiun. Permasalahan yang diteliti dan dikaji yaitu: 1) Bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran al-Qur’an di Pondok Modern Badii’usy Syamsi? 2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran al-Qur’an di Pondok Modern Badii’usy Syamsi Madiun? Jenis penelitian ini adalah peneletian lapangan. Adapun studi penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Dari analisis data yang ada, diketahui bahwa model pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Modern Badii’usy Syamsi dilaksanakan sehari tiga kali yaitu setelah shalat subuh, setelah shalat ashar, dan setelah shalat maghrib dengan menggunakan sistem yaitu halaqah dan hafalan dengan cara pengkelompokan sesuai dengan kemampuan dan tingkatan. Sedangkan kelebihan dari model pembelajaran seperti ini adalah penggunaan bahasa yang bebas. Sedangkan kekurangan dari model ini adalah ketidak disiplinan santri dalam pembelajaran al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran tutor sebaya adalah niat yang ikhlas dalam belajar al-Qur’an serta adanya sarana dan prasana yang meliputi penggunakan al-Qur’an berukuran besar, buku Iqro’ dan tempat pembelajaran yang nyaman. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dalam diri santri dan perbedaan tingkat daya tangkap/ IQ (Intelligence Quotient) sehingga proses pembelajaran memakan waktu lama. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada para guru-guru Pondok Modern Badii’usy Syamsi agar tetap menjaga hal-hal baik yang sudah dilaksanakan di Pondok Modern Badii’usy Syamsi. Bagi guru-guru pengajar al-Qur’an agar supaya lebih memperhatikan proses belajar mengajar al-Qur’an secara khusus dan seksama. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diambil manfaat untuk terus menjaga dan melestarikan al-Qur’an dengan mudah dan benar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Feb 2014 07:15
Last Modified: 29 Oct 2021 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27532

Actions (login required)

View Item View Item