Aktivitas Antibakteri Fraksi Polar Ekstrak Etanol Daging Buah Sirsak (Annona muricata L.) Terhadap Pseudomonas aeroginosa, Shigella sonnei, Dan Staphylococcus aureus, Beserta Bioautografinya

Pangestuti, Aninditya Laras and , Dr. Haryoto, M.Sc and , Peni Indrayudha, Ph.D.,Apt (2013) Aktivitas Antibakteri Fraksi Polar Ekstrak Etanol Daging Buah Sirsak (Annona muricata L.) Terhadap Pseudomonas aeroginosa, Shigella sonnei, Dan Staphylococcus aureus, Beserta Bioautografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab i)
BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit infeksi adalah penyebab kematian terbanyak sehingga pemakaian antibakteri atau antiinfeksi adalah obat yang paling banyak dipakai.Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai antibakteri adalah tanaman sirsak.Kandungan senyawa aktif pada daging buah sirsak terdapat senyawa flavonoid, tanin, alkaloid, dan saponin.Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan aktivitas antibakteri fraksi polar ekstrak etanol daging buah sirsak dan menentukan golongan senyawa yang memiliki aktivitas antibakteri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Ekstrak etanol daging buah sirsak difraksinasi menggunakan metode Kolom Cair Vakum (KCV) dengan pelarut etil asetat:heksan menggunakan perbandingan4:6, 5:5, 5,5:4,5, 6:4, 7:3 v/v. Fraksi polar ekstrak etanol diuji aktivitas antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa, Shigella sonnei, dan Staphylococcus aureus dengan metode dilusi padat. Pengamatan dilakukan dengan mengukur Kadar Hambat Minimum (KHM) dan Kadar Bunuh Minimum (KBM).Hasil yang diperoleh dilakukan replikasi 3 kali.Kandungan senyawa serta aktivitasnya diuji menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT) dan bioautografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi polar ekstrak etanol daging buah sirsak mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa dan Shigella sonnei dengan memberikan nilai KHM sebesar 1,25% dan KBM sebesar >2,5%. Hasil uji dari Staphylococcus aureus hingga pada konsentrasi 2,5% tidak memberikan hasil pada KHM dan KBM. Uji KLT menggunakan fase diam silika gel GF254 dan fase gerak heksan:etil asetat (7:3), fraksi polar ekstrak etanol daging buah sirsak mengandung senyawa flavonoid. Hasil uji bioautografi tidak menunjukkan hasil penghambatan terhadap bakteri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daging buah sirsak, fraksi polar, P. aeruginosa, S.sonnei, S. aureus, Antibakteri.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jan 2014 07:27
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item