Uji Aktivitas Antibakteri Secara In Vivo Fraksi Semipolar Ekstrak Etanol Batang Inggu (Ruta angustifolia [L.] Pers) Terhadap Mencit Yang Diinfeksi Staphylococcus aureus dan Streptococcus mutans

Permatasari, Mia Indria and , Dr. Haryoto, M.Sc and , Andi Suhendi M.Sc., Apt (2013) Uji Aktivitas Antibakteri Secara In Vivo Fraksi Semipolar Ekstrak Etanol Batang Inggu (Ruta angustifolia [L.] Pers) Terhadap Mencit Yang Diinfeksi Staphylococcus aureus dan Streptococcus mutans. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Inggu (Ruta angustifolia [L.] Pers) merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Hasil penelitian in vitro menunjukkan bahwa ekstrak etanol batang inggu memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri secara in vivo dari fraksi semipolar ekstrak etanol batang inggu terhadap mencit yang diinfeksi staphylococcus aureus dan streptococcus mutans, serta senyawa aktif yang bertanggung jawab sebagai antibakteri berdasarkan KLT. E kstrak etanol batang inggu didapat dari proses maserasi. Proses fraksinasi dilakukan dengan KCV menggunakan fase gerak heksan : kloroform. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode in vivo, yang merupakan metode yang menggunakan keseluruhan organisme hidup. Fraksi semipolar ekstrak etanol batang inggu dengan dosis 0,3;1,2 dan 2,14 g/kg diberikan pada mencit yang diinfeksi Staphylococcus aureus dan Streptococcus mutans. Jumlah koloni dihitung setelah perlakuan selama 24 jam. Aktivitas antibakteri pada Staphylococcus aureus yang iberikan fraksi semi polar ekstrak etanol batang inggu dengan dosis 0,3;1,2 dan 2,14 g/kg berturutturut adalah 80,27; 87,75dan 97,39%. Sementara aktivitas antibakteri pada Streptococcus mutans berturut-turut adalah 44,31; 84,56 dan 94,71%. Hasil identifikasi senyawa ditemukan senyawa flavonoid, terpenoid, alkaloid dan kuersetin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruta angustifolia L., antibakteri ,staphylococcus aureus, streptococcus mutans.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2014 13:00
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27520

Actions (login required)

View Item View Item