Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan

Giyanto, Giyanto and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan , bertujuan : (1) Mendeskripsikan akuntabilitas pengelolaan dana BOS ; (2) Mendeskripsikan partisipasi komite sekolah dan guru terhadap pengelolaan dana BOS . Untuk mencapai dua tujuan diatas pada tahap implementasinya diuraikan menjadi empat komponen penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, menemukan bahwa perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dana BOS telah dilakukan dengan baik. Dari hasil wawancara , observasi, dan mengamati dokumen yang ada menunjukkan bahwa akuntabilitas pengelolaan dana BOS dari perencanaan, penyusunan anggaran dalam kategori transparan, pelaksanaan dilakukan secara baik meskipun penyaluran dana masih tedapat keterlambatan. Penggunaan dana sudah transparan sesuai dengan rencana yang ditetapkan dalam penyusunan RKAS, pelaporan dilakukan secara baik, monitoring / pengawasan oleh Pengawas TK dan SD dilakukan satu tahun sekali, sedangkan kepala sekolah setiap tiga bulan sekali, menunjukkan hasil yang transparan dan akuntabel. Evaluasi oleh Tim Manajemen BOS Kabupaten dilakukan bersamaan bimbingan teknis pada akhir tahun, bendahara menguasai semua pembukuan namun membutuhkan tenaga tata usaha . Partisipasi komite sekolah dan guru terhadap pengelolaan dana BOS menunjukkan hubungan yang sangat baik. Sehingga secara umum akuntabilitas pengelolaan dana BOS dan partisipasi komite sekolah / masyarakat dan guru di SD Negeri Belah I dilaksanakan dan terjalin dengan baik, transparan, dan akuntabel.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas; dana bos; pengelolaan; partisipasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:46
Last Modified: 27 Oct 2021 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27517

Actions (login required)

View Item View Item