Evaluasi Kesesuaian Lahan Permukiman Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Dan Penginderaan Jauh

Hasnani, Hasnani (2013) Evaluasi Kesesuaian Lahan Permukiman Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Dan Penginderaan Jauh. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_ilmiah.pdf

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan aplikasi bidang sistem informasi geografi dan penginderaan jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan sistem informasi geografis dan penginderaan jauh dalam menyadap informasi fisik lahan yang digunakan untuk penentuan lokasi yang sesuai untuk permukiman. Data penginderaan jauh yang digunakan adalah Citra Quickbird skala 1 : 25.000. daerah penelitian berlokasi di Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Proses analisis menggunakan software aplikasi SIG yaitu menggunakan software ArcGIS versi 9.3. Selain itu software ini digunakan untuk mengubah peta dari peta analog menjadi peta digital dan sekaligus pengolahan data attribut. Dari proses analisis tersebut di dapatkan hasil yaitu peta penggunaan lahan, peta lereng, peta kedalaman muka air tanah, peta genangan banjir, peta daya dukung tanah, peta jarak terhadap jalan utama, peta drainase permukaan. Berdasarkan hasil pembuatan peta kesesuaian lahan permukiman Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta dapat diperoleh informasi tentang tingkat kesesuaian untuk dijadikan atau dibangun menjadi kawasan permukiman Kecamatan Jetis dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas kesesuaian lahan permukiman sangat sesuai (S1) seluas 46,1448 ha (17,68%) merupakan lahan yang memiliki pembatas ringan bila digunakan untuk lokasi permukiman, kelas cukup sesuai (S2) seluas 90,468 ha (25,13%) merupakan lahan yang memiliki pembatas sedang bila digunakan untuk lokasi permukiman, kelas sesuai marginal (S3) seluas 26,43249 ha (40,11%) merupakan lahan yang memiliki pembatas berat bila digunakan untuk lokasi permukiman, dan untuk kelas yang tidak sesuai (N1) seluas 26,9864 ha (17,08%) merupakan lahan yang memiliki pembatas sangat berat apabila digunakan untuk lokasi permukiman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Lahan Permukiman, Penginderaan Jaiuh, SIG.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2014 11:01
Last Modified: 28 Jan 2014 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item