Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Gugus 02 Tulakan Kabupaten Pacitan

Khoiroh, Syamrotul and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Gugus 02 Tulakan Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan suatu wadah bagi guru yang bergabung dalam organisasi gugus sekolah yang bertujuan menjadikan guru lebih profesional dalam upaya peningkatan pendidikan SD melalui pendekatan sistem pembinaan professional dan kegiatan pembelajaran aktif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan di KKG Gugus 02 Tulakan Kabupaten Pacitan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang sering disebut dengan pendekatan naturalistik, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Usaha untuk memperoleh data secara keseluruhan yang integratif dengan memperhatikan relevansi data berdasarkan fokus dan tujuan dalam pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data yang terkumpul dari berbagai pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah melalui Analysis Interactive. Dari hasil penelitian didapatkan : (1) perencanaan program KKG dilaksanakan sebagian besar oleh pengurus (2) pembelajaran masih berjalan pasif (3) tingkat kedisplinan peserta KKG belum maksimal (4) evaluasi pelaksanaan program dilakukan secara mandiri. Agar tujuan KKG dapat dicapai dengan optimal maka beberapa hal harus menjadi pertimbangan, yaitu: (1) Penentuan kebutuhan (2) Penetapan tujuan (3) Pemilihan metode; (4) Pemilihan media; (5) Implementasi program; dan (6) Evaluasi program.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kelompok kerja guru, pengelolaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 12:27
Last Modified: 27 Oct 2021 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27500

Actions (login required)

View Item View Item