Pengaruh Corporate Governance Perception Index Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Risk-Taking Behavior

Widyawati, Wiwit and , Dr.Triyono, S.E., M.Si (2013) Pengaruh Corporate Governance Perception Index Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Risk-Taking Behavior. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_DEPAN.pdf

Download (967kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh corporate governance perception index dan karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, profitabilitas (ROA), kesempatan investasi (growth sales), ukuran perusahaan terhadap risk-taking behavior yang di ukur dengan menggunakan standar deviasi returns saham bulanan dan koefisien beta pasar. Penelitian ini menggunakan sampel 91 perusahaan, dengan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006-2012 yang masuk dalam peringkat The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan Indonesian Capital market Directory (ICMD) tahun 2006-2012, serta mengeluarkan laporan keuangan tahun 2012.Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) corporate governance perception index mempunyai pengaruh yang negatif signifikan terhadap risktaking behavior (2) kepemilikan institusional mempunyai pengaruh yang negatif signifikan terhadap risk-taking behavior (3) profitabilitas (ROA) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap risk-taking behavior (4) kesempatan tumbuh (growth sales) mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap risk-taking behavior dan (5) ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap risk-taking behavior. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas corporate governance merupakan sinyal bagi pasar. Sehingga para investor dapat melakukan penilaian atas kualitas corporate governance suatu perusahaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: corporate governance perception index, kepemilikan institusional, profitabilitas, growth sales, ukuran perusahaan, risktaking behavior.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jan 2014 07:47
Last Modified: 31 Oct 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item