Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun 2009

Astuti, Novi Dwi and , Drs. Yuli Priyana, M.Si. (2013) Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (765kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (503kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kerusakan yang ditimbulkan banjir di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun 2009, (2) tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun 2009. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 2897 kepala keluarga yang terkena bencana banjir di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta berdasarkan data monografi desa 2009. Sampel diambil secara acak sebanyak 97 kepala keluarga. Adapun variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu kesiapsiagaan masyarakat dan variabel terikat yaitu tingkat kerusakan yang ditimbulkan bencana banjir Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Teknik uji persyaratan analisis menggunakan uji coba angket, uji validitas, dan uji reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kerusakan yang ditimbulkan banjir di Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Surakarta diketahui bahwa dari semua aspek dalam menentukan tingkat kerusakan seperti aspek penduduk, aspek pemerintahan, aspek ekonomi, aspek sarana prasarana, dan aspek lingkungan secara keseluruhan mengalami kerusakan yang tergolong berat. Hal ini dapat dilihat dari presentase setiap aspek yang menunjukkan presentase 100%. Ini dapat diartikan bahwa saat terjadi banjir, aspek-aspek tersebut mengalami kerusakan yang berat. Tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta diperoleh nilai indeks yaitu 0,5 yang berada pada interval 0,4 – 0,6, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Surakarta terhadap bencana banjir termasuk dalam kategori Hampir Siap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Banjir, Kerusakan, Kesiapsiagaan Masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 13:02
Last Modified: 31 Oct 2021 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27488

Actions (login required)

View Item View Item