Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Astuti, Wiji (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
1._Halaman_depan.pdf

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
3._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
4._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
6._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9._Naskah_publikasi.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual yang dilakukan dalam tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Adapun teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada pra siklus yaitu 51,5 yang diperoleh dengan penggunaan metode ceramah; termasuk kategori kurang berminat. Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 52,8dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual; sedangkan nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 63,5 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus III meningkat menjadi 77,4 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontektual dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar Matematika pada kelas IV SD Negeri 2 Brajan Prambanan Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan pembelajaran kontekstual dan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 12:54
Last Modified: 24 Jan 2014 13:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item