Pengembangan Kammpuan Kognitif Melalui Kegiatan Berhitung Bagi Anak Kelompok B Di TK Pertiwi II Randusari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Sugiyarni, Sugiyarni (2013) Pengembangan Kammpuan Kognitif Melalui Kegiatan Berhitung Bagi Anak Kelompok B Di TK Pertiwi II Randusari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif anak Kelompok B TK PERTIWI II Randusari tahun pembelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK PERTIWI II Randusari semester I tahun pembelajaran 2013 / 2014 dengan jumlah anak adalah 31 anak terdiri dari 17 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan analisis komparatif dan ktitis. Pengembangan Kemampuan Kognitif pada anak melalui Kegiatan Berhitung dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase kognitif pada anak kondisi awal atau prasiklus 36 % yaitu 11 anak tuntas sedangkan terdapat 20 anak yang kemampuannya sangat kurang dan pasca siklus I meningkat menjadi 55.54 % dengan rincian anak yang mencapai ketuntasan belajara meningkat menjadi 17 anak, 14 anak rendah dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi mencapai 89,50%, atau terdapat 27 anak yang berkembang kognitifnya. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa melalui kegiatan pembelajaran berhitung mampu mengembangkan kognitif anak kelopok B TK PERTIWI II Randusari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali terbukti.Jadi kesimpulannya bahwa melalui kegiatan berhitung mengembangkan Kognitif pada anak kelompok B di TK PERTIWI II Randusari, Teras, Boyolali Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Kegiatan Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 12:46
Last Modified: 24 Jan 2014 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27485

Actions (login required)

View Item View Item