Pengembangan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B TK LKMD I Nepen Tahun Pelajaran 2013/2014

Rumiyatun, Rumiyatun and , Drs. Andi Haris Prabowo, M. Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B TK LKMD I Nepen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode bermain kartu kata bergambar pada anak didik kelompok B TK LKMD I Nepen tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK LKMD I Nepen tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah anak kelompok B adalah 17 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki, dan 11 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif. Pembelajaran menggunakan metode bermain kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase minat membaca pada anak, kondisi awal atau prasiklus 39,41% dan pasca siklus I meningkat menjadi 71,18%, dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi 87,06%. Jadi kesimpulannya bahwa melalui media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok B TK LKMD I Nepen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bahasa, media kartu kata bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Jan 2014 13:02
Last Modified: 01 Nov 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27484

Actions (login required)

View Item View Item