Pengembangan Kemampuan Daya Pikir Melalui Pembelajaran Bermain Musik Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI 1 Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Angindari, Dyah and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Daya Pikir Melalui Pembelajaran Bermain Musik Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI 1 Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya pikir anak melalui pembelajaran bermain musik pada anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun 2013. Penelitian ini melalui tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak TK PGRI I Bangsalan Kelompok B yang terdiri dari 18 anak yaitu 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan daya pikir anak melalui pembelajaran bermain musik anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan. Hal ini dapat dilihat dari nilai tuntas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 38,89% atau sebanyak 7 anak; siklus I 77,78% atau sebanyak 14 anak; dan pada siklus II 94,44% atau sebanyak 17 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan daya pikir anak melalui bermain musik pada anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Boyolali. Anak yang berhasil bermain music dengan baik mendapatkan nilai yang sesuai dengan kriteria penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bermain music dapat meningkatkan percaya diri, kerjasama, keaktifan dan tangung jawab anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bermain musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 12:33
Last Modified: 01 Nov 2021 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item View Item