Pengembangan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Air Pada Anak Kelompok A Di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Kauman Cawas Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Alawiyah, Langgeng Tuti and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Sains Melalui Metode Bermain Air Pada Anak Kelompok A Di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Kauman Cawas Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok A dengan menggunakan metode bermain air di Bustanul Athfal Aisyiyah Kauman Cawas Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok A semester 2 di Bustanul Athfal Aisyiyah Kauman Cawas Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, catatan lapangan dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparatif yaitu membandingkan rata-rata pencapaian sains persiklus dengan indikator sains setiap siklus. Berdasarkan data penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas dan berdasarkan hasil untuk setiap siklus yang telah dilakukan menunjukkan adanya perkembangan kemampuan sains anak melalui metode bermain air. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain air dapat mengembangkan kemampuan sains anak kelompok A semester 2 di Bustanul Athfal Aisyiyah Kauman Cawas. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase setiap siklus yaitu pra siklus 40,15%, siklus I 52,19%, siklus II 72,03%, siklus III 82,68%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan sains anak. Penerapan melalui metode bermain air ini bisa maksimal karena didukung dengan media yang nyata sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan sains, metode bermain air
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 12:15
Last Modified: 26 Oct 2021 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27477

Actions (login required)

View Item View Item