Upaya Mengembangkan Nilai Moral Agama Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Ardiana, Vita and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. AUD (2013) Upaya Mengembangkan Nilai Moral Agama Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai moral agama melalui bercerita melalui penerapan media buku cerita pada anak kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 jenis penelitian ini tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus ada 3 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 16 anak perempuan, instrument yang dilakukan adalah lembar observasi, data hasil observasi dianalisis secara diskriptif, kualitatif. Hasil penelitian prasiklus menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak tergolong rendah. Prosentase pencapaian hanya 43 % saja, setelah diadakannya tindakan melalui penerapan pada siklus I, prosentase ketuntasan siswa pada siklus I meningkat dari 43 % menjadi 68 %, demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada siklus II semakin berkembang dalam ketuntasan menjadi 82 %. Berdasarkan hasil data penelitian tindakan ini hipotesis yang menyatakan metode bercerita dapat mengembangkan nilai moral agama di Taman Kanak-Kanak pada kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Terbukti diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Nilai Agama, Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2014 11:46
Last Modified: 26 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27470

Actions (login required)

View Item View Item