Kompleksitas Kalimat dalam Karangan Anak Didik Kelas X Madrasah Aliyah Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo

Cholid, Muhamad Idham and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum. (2013) Kompleksitas Kalimat dalam Karangan Anak Didik Kelas X Madrasah Aliyah Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09._NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) membandingkan wujud kompleksitas kalimat dalam karangansis wakelas X MA Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan siswa kelas X MA PPMI Assalaam Sukoharjo, Surakarta tahun ajaran 2012/2013, (2) mendiskripsikan perbandingan penggunaan penghubung kalimat (subordinatif/koordinatif) dalam kalimat karangan siswa kelas X MA Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan siswa kelas X MA PPMI Assalaam Sukoharjo, Surakarta tahun ajaran 2012/2013, (3) mendiskripsikan persentase kalimat kompleks dalam karangan siswa kelas X MA Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan siswa kelas X MA PPMI Assalaam Sukoharjo, Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang datanya bersumber pada kalimat dalam karangan siswa kelas X MA Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dengan siswa kelas X MA PPMI Assalaam Sukoharjo, Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan kalimat dalam karangan yang dibuat oleh siswa kelas X. Sumber data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam bentuk karangan siswa yang diperoleh di sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Huda Panunggalan, Grobogan dan Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo Kelas X. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan metode padan dan agih. Penyajian hasil analisis menggunakan metode penyajian informal, yaitu perumusan dengan kata-kata biasa–walaupun dengan terminologi yang teknis sifatnya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perbandingan wujud kalimat kompleks adalah siswa kelas X MA PPMI Assalaam dengan kalimat yang paling kompleks dan menghasilkan sebanyak tujuh klausa. (2) Diketahui bahwa siswa MA PPMI Assalaam lebih banyak menghasilkan penggunaan Koordinatif dan Subordinatif. (3) Kalimat kompleks yang lebih banyak adalah siswa MA PPMI Assalaam yaitu sebanyak 55,05%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompleksitas, kalimat, dan karangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Jan 2014 12:22
Last Modified: 27 Oct 2021 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item View Item