Perbandingan Antara Metode Make A Match Dengan Metode Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Cahyono, Trimuda Nur (2013) Perbandingan Antara Metode Make A Match Dengan Metode Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (784kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun ajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match (kelas eksperimen), 2) hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun ajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share (kelas kontrol), 3) perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun ajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match (kelas eksperimen) dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share (kelas kontrol). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti mata pelajaran Ekonomi yang berjumlah 280 siswa dengan sampel sebanyak 61 siswa yang terdiri dari kelas VIII A (kelas eksperimen) yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII B (kelas kontrol) yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi nilai mata pelajaran Ekonomi dan tes yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Sample t Test. Berdasar hasil analisis data diperoleh thitung = 1,374 < ttabel = 2,002 dan nilai signifikansi >0,05, yaitu 0,174, artinya tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun ajaran 2013/2014 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match (kelas eksperimen) dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share (kelas kontrol). Berdasarkan perbandingan penghitungan nilai rata-rata tes hasil belajar yaitu 79,50 untuk siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dan 76,33 untuk siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran think pair share. Hal tersebut membuktikan bahwa Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran make a match lebih baik daripada metode pembelajaran think pair share.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Make a match dan Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2014 11:47
Last Modified: 23 Jan 2014 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27456

Actions (login required)

View Item View Item